Friday, October 20, 2006

K3

this is a story long time ago. a time of myth and legend..... (ada yang inget, kata-kata itu diambil dari film apa?)

waktu itu, sehari sebelum peringatan hari kemerdekaan ke-52 Indonesia. saya, beberapa teman dan seorang guru pergi untuk survey tempat CPD (Camp Pendidikan Dasar) ekskul2 di SMP ke Rancaupas. ada satu hal menarik yang masih teringat sampe sekarang. guru kami tersebut (pak roni namanya), bilang sesuatu kira2 kayak gini
jadi orang itu, harus komitmen, konsisten, dan konsekuen
emang agak kurang sesuai, soalnya ketiga kata itu tidak sejenis. komitmen itu kata benda, menunjuk suatu hal. sedang konsisten ama konsekuen itu ke kata sifat. sori, saya gak sempet cek ke kamus bahasa indonesia. yang barusan cuma pendapat pribadi. saya lupa pemaparan beliau rincinya seperti apa. tapi, saya coba cari pengertian dari WordWeb aja, biar agak tergambar. walau gak persis sama kata-kata yang diucapin sama guru saya, setidaknya rada kegambar lah, maksud beliau apa.

commitment : The trait of sincere and steadfast fixity of purpose
consistency : The property of holding together and retaining its shape
consequence : A phenomenon that follows and is caused by some previous phenomenon

so, pertama kita harus punya tujuan yang pasti, steadfast fixity of purpose. ada orang lain juga yang pernah bilang ke saya, "lo kudu punya tujuan dalam hidup". kayaknya emang penting untuk mempunyai tujuan ya?
terus yang kedua, saya rasa guru saya bermaksud menerangkan pentingnya untuk memegang teguh sesuatu yang sudah kita pegang. dalam definisi lain dari internet, consistent adalah conforming to the same principles or course of action. sekali kita meyakini sesuatu, jangan khianati! itu arti yang saya pahami dari konsisten.
yang terakhir, setelah adanya perbuatan, tentunya ada akibat. mungkin ini yang dimaksudkan dengan konsekuen. ucapan dan perbuatan kita harus dipertanggungjawabkan, oleh karena itu konsekuensi apapun yang lahir dari perbuatan kita tentunya harus kita terima sebagai bagian dari tanggung jawab itu.

hmm....tampak sudah panjang ceritanya. saya cukupkan sekian aja deh. takut jadi menggurui. alasan saya mosting hal ini di blog, supaya saya teringatkan lagi tentang hal-hal tersebut. those are good things. kenapa gak dilaksanakan gitu lho?? yuuuk

3 comments:

Anonymous said...

pertama, gHina tau, itu pasti dari film Hercules. Iya ga? =D
Kedua, setuju sama pak roni ^-^
sekian..
(halah, comment ga mutu ya?? biarin deh ;p)

Anonymous said...

"terus yang kedua, saya rasa guru saya bermaksud menerangkan pentingnya untuk memegang teguh sesuatu yang sudah kita pegang. dalam definisi lain dari internet, consistent adalah conforming to the same principles or course of action. sekali kita meyakini sesuatu, jangan khianati! itu arti yang saya pahami dari konsisten."

wah,wish life could be that simple,,banyak hal di dunia yg membuat kita berpaling dari sesuatu yg sebelumnya kita yakini,,i guess..

bramtousai said...

yosss, betul ghin....... :D kok masih hapal sih? pasti dulu rajin nonton :))

co, saya setuju. hidup memang tak semudah itu :p st least setelah tau konsepnya, saya coba laksanain..........tapi seringnya gagal sih :))