Friday, October 20, 2006

sekilas tentang TA

karena banyak yang nanyain tentang TA saya. jadi pengen nulis sedikit tentang TA nih. sebetulnya kalo ada yang nanya, "TA-nya tentang apa sih?", saya bingung ngejawabnya. soalnya saya sendiri suka bingung, apa yang saya bikin ya?

topik gedenya ini nih : "Realisasi Thin Client Computing Menggunakan Prosesor Leon 3"

jadi ceritanya gini, ada suatu konsep di bidang jaringan komputer yang namanya client-server network. secara singkat, dalam suatu network (jaringan kerja) ada komputer yang berfungsi sebagai pusat (server), sedangkan komputer lain (client) menginduk ke dia. nah, salah satu pengembangannya, adalah yang namanya thin client computing. thin client ini adalah jenis client yang relatif "bodoh" makanya sering disebut dumb terminal. sebetulnya dia gak melakukan kerjaan yang penting dalam melayani user. hampir semua proses komputasi dilakukan di server. thin client ini "cuma" bertanggung jawab untuk mengurus interface antara user dengan server, kayak keyboard, mouse, ama display. kalo mau lebih komplit, ditambah audio dan port USB.

di pasaran, udah banyak thin client yang dijual. terus kenapa perlu bikin thin client lagi? sebab nilai plusnya itu terletak di prosesor yang saya pake : Leon

mahluk apa pula ini si Leon? Leon adalah nama desain mikroprosesor yang dibikin ama kang Jiri Gaisler dari Gaisler Research. Kang Jiri Gaisler ini baik banget lho, dia ngasih desain yang dia bikin dengan GNU license. jadi kita bisa ngoprek desain punya dia secara bebas. ya tentunya jadi oprekan kita juga boleh dioprek ama orang. nah, kembali ke Leon. Leon ini adalah sebuah mikroprosesor 32 bit. yap, betul. mirip ama Pentium yang dipake di PC. cuma beda tipe dan yang bikin. Leon ini dikasih ke kita bukan dalam bentuk chip, tapi masih dalam bentuk desain dalam bahasa VHDL (Very High Speed Integrated Circuit Hardware Description Language). ini yang bikin kita lebih bebas ngoprek isinya si Leon ini sesuai kebutuhan kita.

target akhirnya sih alat saya ini bisa melakukan remote connection entah dengan RDP (remote desktop protocol) punya windows atau VNC (virtual network computing) ke salah satu server entah dengan OS windows atau linux.

nah, segitu dulu penjelasannya. pasti gak jelas ya? any questions?

2 comments:

Anonymous said...

ga ngerti bram :p TAmu susahhhhhhhhh..

Anonymous said...

buset..

si kang bram tambah jago wae euy!!!

eleh sim-abdi...

yosh!! mulai ngoprek deui ah....