Saturday, October 21, 2006

masa-masa ketika i didn't have any clue of myself (2)

yoss, lanjut lagi....
waktu terus berlanjut. akhirnya naek juga ke kelas 2 SMP. ketemu temen yang udah kenal dan juga yang baru kenal. temen sebangku pertama namanya Ricky Maulana Muchtar, budak 1F. kita duduknya di depan, soalnya dari dulu mata saya udah minus, tapi belum pake kacamata. terpaksa deh duduk di depan terus. kalo tulisan di papan tulis gak keliatan, nanya terus ama si ricky. untung dia baek, mau ngasih tau terus. hehe......
di kelas 2 ini, banyak mulai kenal temen-temen yang karakternya agak-agak beda ama yang ditemui di SD ama kelas 1. ada gamer, tukang ulin, budak rajin, tukang heureuy, dan karakter pemimpin. pergaulan di luar kelas mulai berkurang saat kelas 2 ini, sebab saya keluar dari PMR yang saya ikutin sejak kelas 1. alasan persisnya saya lupa, tapi betul-betul sepele, tapi ya udah lah, waktu itu saya gak bisa narik lagi keputusan saya. akhirnya, pergaulan menyempit ke kelas dan beberapa temen di luar kelas doang.
tapi, di kelas 2 ini mulai terjadi krisis identitas yang menyebabkan saya jadi susah bergaul. saat inilah mulai terasa pengkutuban pergaulan di antara anak-anak se-SMP. entah kelompok organisasi (PMR, Paskibra, Pramuka, PKS), SD asal (mayoritas barudak hegarmanah ama sukarasa), atau pergaulan (ngerokok, nongkrong di warung, dll). di situ mulai kerasa gak enak nih kalo masuk kelompok yang jarang ngajak saya ngobrol.
beda ama kelas 3, di kelas ini ada tokoh pemersatu yang bisa ngajak semua kelompok supaya melebur. sang ketua kelasnya, memang supel dalam bergaul, jadi bisa masuk ke kelompok mana aja. dia bahkan bisa mempengaruhi sebagian besar cowok2 di kelas untuk mencukur pendek rambutnya ABCD (ABRI bukan, cepak doang), termasuk saya.hahaha........sampe EBTANAS, rambut saya masih cepak tuh. foto di NEM juga masih cepak.
di kelas 3 ini, pergaulan membaik. saya mulai bisa gaul biasa lagi sama hampir semua orang di kelas. saya mulai melihat pribadi orang yang udah mulai dibentuk sejak kelas 1 dulu. yes, people do change. saya mulai melihat buktinya pada beberapa temen-temen. tapi overall, mereka semua friendly dan gak ngebeda-bedain latar belakang pergaulan. we still get along pretty well. bisa dikatakan, saya menikmati masa-masa kelas 3 ini. dan akhirnya, tibalah waktu perpisahan. setelah 3 taun yang bahagia, saatnya mengucapkan selamat tinggal pada masa SMP. sayangnya, gak ada acara perpisahan apa-apa baik dari sekolah maupun OSIS, karena waktu itu baru mulai krismon. semua orang berhemat, jadi diputuskan gak ada acara perpisahan. tapi, gak apa-apa, toh kalopun ada perpisahan, belum tentu berkesan. kenangan yang bener-bener patut dikenang itu saat kehidupan sehari-hari di masa-masa sekolah biasa. alami dan spontan.
life must go on, but i kept the memories

7 comments:

Anonymous said...

wah, bentar lagi berarti cerita tentang sma3 dong.. Hehe... =D

Anonymous said...

koq bisa inget sih bram????gw ga inget apa2 yg smp,eh inget dikit denk,,:p

Anonymous said...

Ini baru namanya self insight awareness.. Alami dan spontan. Ga kyk program apa tuh yang ada di kampusnya Si Bram.. ;)

bramtousai said...

@ ghina : yoss, lagi disusun bahannya (kayak bikin buku aja)

@ nico : inget dong, masa SMP ini masa paling cerah dari masa muda saya :))

@ arief : haduh, jadi malu :"> btw, ini muji ato nyindir nih?

Anonymous said...

iye,,, cerita tentang smp emang seru pisan.
klo aq, di smp itu nemu beberapa sobat hampir tanpa batas dan rahasia.
dan alhamdulillah ampe sekarang tetap terjaga silaturrahim nya.
setiap masa punya ke -seru- an tersendiri lah,,, ga bisa dibandingin satu dengan yang lainnya. makanya pas kita lagi di sana,, ayo puas2in!!

Ikhsan said...

alo2 pa kabar?? Bram tambahin blog saya di blog list kamu ya ;p

Anonymous said...

Wah.. nama saya ke tag disini euy. Pa kabar Bram? jadi teringat masa-masa lalu nih.