Wednesday, September 13, 2006

rute tercepat ke sarijadi dari kampus

posting ini diusulan oleh saudari Fai. katanya, buat guide ntar kalo dia mau pulang ke sarijadi ntar. oke deh, kita mulai pembahasan ini.
pertama-tama, sarijadi itu berada di sebelah barat kota bandung, berbatasa langsung dengan kabupaten bandung (atau kota cimahi ya? lupa euy). nah, di bagian baratnya, sarijadi ini termasuk bagian tengah.
untuk mencapai sarijadi dari kampus, banyak rute yang bisa diambil. mau pake jalur angkot bisa, pake jalur motong bisa, pake jalur muter ke jakarta dulu juga bisa, cuma ngapain ? :p
rute pertama yang akan dibahas adalah rute angkot. nah, rute angkot ini nguriling (muter) dulu baru ke target sebenernya. angkot yang dipake buat ke sarijadi pertama adalah cicaheum - ledeng. jalurnya melewati jalan tamansari atas, lewat kebun binatang, kampus ITB bagian barat dan utara, terus ke jalan siliwangi yang bekas rumah makan babak siliwangi itu lho. selanjutnya, perjalanan dilanjutkan ke kawasan gandok. itu lho, pertigaan ciumbuleuit, siliwangi ama cihampelas. lalu, angkot terus menyusuri jalan cihampelas lalu belok ke jalan lamping yang hanya berjarak beberapa centi meter (ribuan kayaknya deh) dari bekas sultan plaza yang sekarang entah jadi apa. nah, jalan lamping gak disusurin ampe panjang tuh, soalnya pas ketemu jalan cipaganti, langsung belok ke jalan cipaganti (atau sekarang di-rename jadi R.A.A. Wiranatakusumah). nah, sekarang, perjalanan kita dilanjutkan di jalan setiabudhi. nah, teruuuuuus aja ampe mentok gak boleh lurus, harus belok kiri ke jalan ....(gak tau namanya, padahal sering lewat situ). nahhhh, di sini bisa bercabang dua. kalo mau cepet, turun dari angkot cicaheum-ledeng dan naik sarijadi - ciroyom. lurus terus, dan anda akan sampaai ke jalan setrasari. ntar kita bahas yang ini. tapi kalo mau agak muter, jangan turun dulu dari angkot and nikmati perjalanan anda di jalan sukajadi atas. kemudian, jalan sukajadi ini akan merger dengan jalan setiabudhi sehingga sekarang anda berada di jalna setiabudhi. nah, jangan terlena oleh pemandangan indah sekitar anda terlalu lama. karena di perempatan gegerkalong hilir, anda harus turun dair angkot dan belok kiri ke jalan gegerkalong hilir. kalo mau naek angkot lagi, silakan naek angkot warna kuning, jangan yang ijo ya.terus, aja luruuuuuuuuuuuuuuuuuuus (bener ini mah, lurusnya lama). terus begitu sampe ke kecamatan sukasari, belok kiri, lurus, belok kanan, lurus, terus belok kiri lagi. nah, dari sini tinggal luruuuus lagi, dan anda sudah sampai di sarijadi :D
nah, melanjutkan percabangan tadi, dari jalan .....(yang gak tau namanya itu), tinggal lurus aja. ntar nyampe ke jalan setrasari. luruuuuuuss, terus ampe ada jalan yang turun. belok kiri, lurus, belok kanan, lurus, belok kiri lagi, terus belok kanan ke arah hotel permata bidakara, nanjak.........dan selamat datang di sarijadi (ini fai yang namanya cibogo).
yossss, rute angkot udah kan? sekarang rute paspati. walah, ini mah gak usah dibahas kali ya? tapi bahas aja deh. kalo mau ke paspati, tinggal ke tamansari, turun ke arah balubur, ampe ketemu paspatinya, terus naek deh. luruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus terus ampe pasteur, lewat BTC, lewat Giant, ampe mau masuk jalan tol. eitsss, jangan masuk jalan tol atuh, bayar euy. belok kanan lah ke jalan surya sumantri. terusssssssss, nah sama kayak sebelumnya, belok kiri ke arah hotel permata bidakara, nanjak, dan ...........selamat datang di sarijadi (cibogo lagi, fai).
oke, sekarang kita bahas yang (menurut saya) paling cepat. awalnya sama kayak rute angkot sampai di cipaganti. tapi, begitu nyampe di ayam goreng suharti, belok kiri ke jalan cemara. nah, ikutin aja terus jalan cemara ini. terus ntar ketemu perempatan ama jalan sukajadi. nah, seberangin aja tuh perempatan (but mind the red light ok!!). sekarang anda berada di kawasan karang -karangan (karang tineung, karang setra dan lain-lain.nah belok kanan ke arah hotel .....(aduh lupa namanya), terus belok kanan lagi. ketika anda menyusuri jalan ini, anda akan menemui rumah dinas kapolda jabar (if i'm not mistaken).nah, kalo anda terusin lurus, anda akan menemui rute yang sama dengan percabangan rute angkot yang mengarah ke jalan setrasari. nah, jadi tinggal ikutin aja rute yang tadi, dan anda akan sampai ke ..............sarijadi.
oke deh, sebetulnya masih banyak rute lain termasuk lewat jalan kampung gitu. tapi kalo diceritain di sini, males ngetiknya euy. hehe, ya udah segitu dulu aja. enjoy your journey to sarijadi !

3 comments:

fai said...

siiip, domo arigatou gozaimashita. ada jalur yang ga nanjaknya dikit ga :D

adhyganjar said...

aing macana kalah lieur..
loba lurusna geuning.
geus lah mending pake fren sajah.
fren, tolong anter sarijadi dong friend

Anonymous said...

saya teh urang sarijadi... gampang wae mun rek sarijadi mah.
Tinggal ka tukang ojeg...
" Pak ka sarijadi nya"
Beres BOS he he